Cara Kurangi Depresi atau Stress


cara kurangi depresi atau stress

Aktivitas rutin setiap hari dengan pekerjaan yang menumpuk dapat meningkatkan resiko orang terkena depresi dan stress kalau tidak dibarengi dengan pola hidup sehat. Melihat setiap orang yang ada di kota besar sekarang ini sangat berpotensi terkena depresi atau stress. Mungkin anda juga termasuk orang yang tinggal di perkotaan dan sudah sumpek dengan rutinitas yang menghimpit pikiran dan jiwa, maka berikut ini beberapa cara kurangi depresi atau stress yang mungkin bermanfaat bagi anda.

1. Berhenti Sejenak dan Relaksasi

Apabila sudah mendekati tingkat kelelahan fisik dan pikiran, maka anda harus segera menghentikan pekerjaan yang ada, kemudian beralih ke kegiatan lain. Bisa melakukan yoga, beribadah, membaca kitab, berdoa, atau mendengarkan musik yang menenangkan pikiran. Cobalah untuk melemaskan otot fisik dan juga otot syaraf. Setelah kegiatan relaksasi sudah dilakukan mulailah bekerja lagi. dengan cara ini anda akan mendapatkan gairah kembali dalam bekerja sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai.

2. Olahraga Rutin

Lakukan olahraga yang sesuai dengan hobi anda secara rutin, misalnya futsal, sepakbola, tenis, atau bulu tangkis. Lakukan olahraga tersebut di pagi hari atau di sore hari, jangan sekali-kali melakukan olahraga di malam hari, karena kurang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Tegas Dalam Bersikap

Kadang-kadang kondisi stress bisa diakibatkan dari sikap yang salah, misalnya kurang tegas dalam menghadapi teman atau orang lain yang meminta bantuan atau permintaan dan anda tidak bisa menolak permintaan itu. Ketika anda menerima permintaan tersebut tapi anda sebenarnya tidak ingin menerima permintaan tersebut, itu akan membuat tekanan yang bisa menimbulkan stress.

4. Mengonsumsi Suplemen

Badan yang tidak fit dan selalu letih bisa juga mengakibatkan stress, jauhi hal tersebut dengan mengkosumsi suplemen seperti vitamin C, atau juga mengonsumsi suplemen omega 3 secara berlebihan.

5. Curhat dan Menceritakan Masalah

Cara kurangi depresi atau stress yang satu ini terbukti memang dapat menurunkan resiko depresi atau stress. Curhat menceritakan masalah kepada orang terdekat bisa membuat beban yang sedang anda pikul sedikit berkurang. Ceritakan masalah anda kepada teman atau keluarga yang memang sangat mengerti keadaan anda dan bisa dipercaya.

6. Berlibur

Menghentikan pekerjaan rutinitas satu atau dua hari dengan berlibur ke suatu tempat memang bisa menenangkan pikiran dan jiwa. Berlibur murupakan cara efektif dalam menghilangkan stress dan mencegah depresi.

7. Melakukan Hubungan Intim

Kegiatan ini bisa dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah, menurut penelitian melakukan hubungan intim bisa mengurangi resiko terkena depresi atau stress.

8. Istirahat Cukup

Tidur cukup dan memulihkan kembali stamina tubuh akan membantu menghindari stress. Dengan istirahat yang cukup juga akan membuat tubuh fit dan pikiran yang lebih jernih.

9. Nonton Konser Musik, Acara Lucu dan Menonton Film

Kegiatan menyaksikan konser musik, menonton film atau acara lucu bisa melupakan anda dari masalah yang sedang anda hadapi. Menonton sesuatu yang menghibur bisa membuat otak anda lebih fresh.

Semoga saja cara kurangi depresi atau stress diatas bisa bermanfaat bagi anda terutama bagi anda yang sedang sumpek ditengah rutinitas anda ketika bekerja.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja
Angry Angry
0
Angry
hate hate
0
hate

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More From: Kesehatan

DON'T MISS