Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Cepat dan Mudah


Ephelis atau flek hitam menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan kepercayaan diri saat tampil di depan muka umum. Tak jarang mereka menutup bintik-bintik hitam ini dengan menggunakan make up berlebih. Padahal, cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan kosmetik yang tidak tepat, justru memperparah kondisi ini.

Seseorang yang merasa penampilannya terganggu, akan menggunakan banyak cara menghilangkan flek hitam, semisal dengan mengkonsumi obat-obatan yang memicu terjadinya pegmentasi kulit. Sebenarnya, terdapat bahan alami yang bisa dijadikan solusi menghilangkan ephelis agar tidak bertambah banyak dan melebar.

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan flek hitam secara cepat dan mudah, ada baiknya kita mengetahui penyebab terjadinya flek pada wajah sehingga dapat dicegah dan diminimalisir. Berikut uraian penyebabnya:

Penyebab Munculnya Flek Hitam

1. Sinar Matahari Yang Berlebih

Sinar Matahari Penyebab Flek Hitam
sumber gambar: hellosehat.com

Paparan sinar matahari yang berlebih dan langsung menyentuh kulit wajah, dapat mendorong kulit untuk memproduksi melanin secara berlebih. Untuk itu, gunakan tabir surya sebagai pelindung saat hedak keluar.

2. Hormon

Terdapat tiga hormon yang dapat mempengaruhi kemunculan flek hitam yaitu, progesteron, estrogen dan Melanin Stimulating Hormone (MSH). Ketidakseimbangan ketiga hormon inilah yang menyebabkan munculnya flek hitam.

3. Polusi

Selain Tak Baik Bagi Kesehatan, Polusi Juga Bisa Menimbulkan Flek
sumber gambar: kompas.com

Disadari atau tidak, tingkat polusi di kota-kota besar dapat menyebabkan noda hitam di wajah. Apalagi, kian hari kian bertambah kendaraan yang dimiliki manusia. Tentu, sel kulit kita akan bekerja lebih keras lagi memperbaiki kerusakan.

4. Penggunaan Obat-Obatan

Apabila seseorang menggunakan obat-obatan yang mengandung mesantoin, sitostatik, minosklin dan difenilhidantoin, maka flek bisa muncul. Termasuk juga pil KB yang dapat memicu timbulnya pigmentasi pada kulit.

5. Kosmetik yang Tidak Tepat

Bagi kaum Hawa, kosmetik telah menjadi primadona yang tidak tergantikan. Namun, keberagaman kosmetik ini tidak dibarengi dengan sikap mawas diri. Alih-alih memahami zat pewarna yang terkandung, justru yang dipilih sesuai keinginan kendati mengandung zat kimia yang sensitif pada kulit.

6. Bekas Jerawat

Salah satu faktor timbulnya flek hitam yang mudah dikenali adalah iritasi kulit akibat jerawat. Tak jarang seseorang yang memiliki jerawat, justru dipencet dan menghilangkan bekas.

7. Genetik

Menurut hasil penelitian, sekitar 20 sampai 70 persen, faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab timbulnya flek di wajah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami & Tradisional

Banyak wanita bahkan pria mengeluarkan biaya tinggi untuk menghilangkan noda di wajah. Padahal, cara menghilangkan flek hitam bisa ditempuh dengan langkah tradisional dan alami, seperti berikut ini:

1. Madu

Khasiat Madu
sumber gambar: hellosehat.com

Sejak lama, madu sudah dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Kandungan di dalam madu seperti natrium, magnesium, kalsium, kalium, besi dan fosfor sangat membantu dalam perawatan kecantikan terutama cara menghilangkan flek hitam. Kandungan ini dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga wajah tampak cerah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan madu, air hangat, handuk dan ikat rambut
  • Jika memiliki rambut agak panjang, sebaiknya ikat terlebih dahulu agar tidak mengganggu
  • Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka
  • Oleskan madu secara perlahan pada muka, lalu diamkan sekitar 15-20 menit
  • Setelah itu, pijatlah wajah secara memutar dan lembut, terutama pada area yang terdapat noda hitam selama 10-15 menit
  • Bilaslah wajah dengan air hangat, lalu air dingin
  • Usap wajah dengan handuk kering
  • Dan lakukan seserinf mungkin untuk memperoleh hasil yang maksimal

Selain itu, kita bisa mencampurkan madu dengan bahan alami lainnya seperti putih telur dan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan flek hitam. Putih telur dibutuhkan kulit untuk regenerasi sel kulit. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

  • Siapkan 2 sdm madu dan putih telur, lalu aduk hingga merata
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Oleskan campuran madu dan putih telur ke wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit
  • Pijat wajah dengan lembut
  • Bilas wajah dengan air hangat, lalu air dingin dan keringkan dengan handuk kering

Sedangkan cara menghilangkan flek hitam dengan campuran madu dan jeruk nipis dapat mengikuti langkah berikut:

  • Siapkan 2 sdm madu dan 1 sdm jeruk nipis
  • Aduk hingga merata
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat
  • Oleskan campuran madu dan jeruk nipis dan diamkan
  • Pijatlah wajah sebentar
  • Bilas wajah dengan air hangat, lalu air dingin dan keringkan dengan handuk kering

Kendati madu dapat dicampur dengan bahan alami lainnya, terdapat beberapa informasi agar mendapatkan hasil yang maksimal:

  • Sebaiknya, jangan campurkan madu dengan bahan yang panas dan jangan pernah memanaskan madu
  • Jangan mencampur madu dengan alkohol
  • Simpanlah madu di tempat yang kering dan jangan terkena sinar matahari secara langsung
  • Apabila kulit Anda sensitif, sebaiknya gunakan madu di bagian kulit lain terlebih dahulu semalam saja. Jika tak ada reaksi, maka gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam

2. Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun
sumber gambar: hellosehat.com

Bahan yang satu ini memang dikenal memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya, mampu melindungki kulit dari radikal bebas sehingga tak salah zaitun dipilih sebagai cara menghilangkan flek hitam secara alami dan tradisional.

Sebelum menggunakan minyak zaitun, sebaiknya kita mengetahui jenis-jenis zaitun terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

1) Extra Virgin Olive Oil

Zaitun jenis ini merupakan hasil perasan pertama yang berkualitas tinggi, karena dihasilkan tanpa campuran bahan kimia. Harga jenis minyak ini juga lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Namun, zaitun jenis ini tidak bagus untuk dijadikan bahan memasak atau menggoreng.

2) Virgin Olive Oil

Minyak ini merupakan hasil proses pemerasan kedua dengan menggunakan teknik cold press. Dan memiliki tingkat keasaman lebih rendah dibandingkan ekstra Virgin Olive Oil

3) Fino Olive Oil

Merupakan jenis percampuran antara extra virgin olive oil dan virgin olive oil

4) Pure Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini dihasilkan dari proses penyulingan yang terkadang ditambahkan dari jenis virgin. Harganya lebih terjangkau dan dapat digunakan untuk memasak.

5) Pomace

Residu dari hasil pengolahan zaitun ini tidak dibuang tetapi diolah kembali menjadi bahan kosmetik.

 

Setelah mengenal jenis-jenis zaitun yang beredar di pasaran, inilah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1) Mengoleskan minya zaitun secara langsung

Cara menghilangkan flek hitam menggunakan zaitun yang pertama adalah secara langsung. Cukup oleskan pada wajah lalu diamkan. Sebaiknya, oleskan pada malam hari saat hendak tidur, dan bilas keesokan hari.

2) Scrub

Langkah lain yang bisa dipilih yaitu dengan menjadikan zaitun sebagai scrub. Caranya, ambil 2 sdm zaitun dan campurkan dengan 1 sdm gula pasir. Aduk hingga merata. Sebelum melakukan scrub, sebaiknya lakukan penguapan dengan mendidihkan air dan masukkan air yang mendidih tersebut ke dalam baskom kecil. Tutuplah kepala dengan handuk dan dekatkan wajah pada baskom yang berisi air panas tersebut. Setelah itu, oleskan scrub minyak zaitun.

 

Apabila madu dapat dicampur dengan bahan alami, minyak zaitun juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya sebagai cara menghilangkan flek hitam.

1) Campuran zaitun dan lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu untuk mencerahkan kulit. Caranya dengan mencapur 1 sdm minyak zaitun denan perasan lemon secukupnya, lalu oleskan pada wajah. Pijatlah terutama pada area yang terdapat noda hitam.

2) Zaitun dan Rosehip Oil

Rosehip oil dikenal sebagai minyak yang dihasilkan dari biji bunga mawar. Campurkan 1 sdm rosehip oil dan 2 sdm minyak zaitun, aduk hingga merata. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit. Dan bilaslah wajah dengan air. Cara menghilangkan flek hitam dengan campuran ini cukup efektif.

3. Jahe

Jahe Bisa Menghilangkan Flek Hitam
sumber gambar: tempo.com

Siapa yang tak mengenal bahan memasak di dapur ini? Nyatanya, jahe juga memiliki khasiat kecantikan dan kesehatan. Jika ingin merawat wajah, terlebih Anda mencari cara menghilangkan flek hitam, jahe bisa dijadikan pilihan. Caranya cukup mudah. Bisa menggunakan masker, digunakan secara langsung atau dikonsumsi.

1) Masker

Tumbuk atau parut jahe yang sudah dikupas dan bersih. Setelah mencuci muka, oleskan parutan jahe dan biarkan selama 30-45 menit. Bilas wajah dan keringkan dengan handuk. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

2) Digunakan secara langsung

Potong jahe menjadi kecil-kecil, lalu terapkan pada area yang memiliki noda hitam sampai kulit merasa panas karena jahe. Lakukan ini berulang-ulang.

3) Konsumsi

Ambillah setengah ruas jahe, kupas dan cuci bersih. Tumbuk sekali hingga berbentuk pipih, lalu seduh dengan air hangat yang sudah diberi gula. Minumlah selagi hangat dan lakukan secara rutin lebih dari sekali dalam seminggu.

 

Obat Flek Hitam di Apotik

Selain bahan alami, cara menghilangkan flek hitam juga bisa menggunakan obat yang sudah tersedia dan terpercaya di apotik. Sebelum membeli, sebaiknya pilihlah produk yang sesuai kandungan di dalamnya dan sesuai dengan kulit Anda. Berikut daftar obat flek hitam di apotik.

1. NOURISH BC WRINKLE REMOVER SERUM 30ML

Salah Satu Jenis Obat Menghilangkan Flek Hitam
sumber gambar: desyifa.com

Obat pertama yaitu Nourish Bc Wrinkle Remover Serum 30ml. Di dalamnya terkandung extrak opuntia, tripeptide, ektrak rumex,  sprout, glutation, albutin & stem cell apple. Kandungan ini dapat membantu memudarkan kerutan kulit dan flek hitam di wajah.

Pemakaiannya sesuaikan dengan dosis yaitu 2 kali sehari secukupnya dengan cara mengoleskan ke wajah. Nourish Bc Wrinkle Remover Serum berisi 1 pack yang dibaderol seharga Rp 230.557,- / Pcs.

2. NOURISH SKIN TAB 30S

NOURISH SKIN TAB 30S
sumber gambar: desyifa.com

Cara menghilangkan flek hitam dengan obat apotik selanjutnya masih dengan merek yang hampir serupa namun berbentuk tablet. NOURISH SKIN TAB 30S mengandung super antioxidan yang terbuat dari ekstrak biji anggur merah, Collagen dan Lyophilized Marine Protein Complex.

Pemakaiannya sesuaikan dengan dosis yaitu 1 tablet sehari sesudah makan. Sedangkan harganya sekitar Rp 230.557,- / Pcs.

3. PYNOCARE CAP 30S

Pynocare
sumber gambar: desyifa.com

Apabila Anda masih bingung mencari cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan obat, PYNOCARE CAP 30S hadir sebagai solusi. Suplemen ini membantu memelihara kesehatan dengan kandungan Vitamin C 60 miligram, Natural Vitamin E dan d.salina extract 20 miligram.

Obat ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui. Harga PYNOCARE CAP 30S yang berisi 10 tabhlet dibanderol Rp 122.210,- / Strip.

4. MEILIBAHENLING LOT 60G

MEILIBAHENLING LOT 60G
sumber gambar: desyifa.com

Obat ini memiliki manfaat seperti menghilangkan bekas luka lama atau baru, jerawat dan tentu noda hitam. Pemakainnya cukup dioleskan ke flek hitam. Atau pada bekas luka yang ada (bukan luka yang basah). Harga MEILIBAHENLING LOT 60G biasanya dihargai Rp. 150. 000

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Pipi

Flek hitam biasanya muncul di tertempat tertentu. Baik dahi, hidung atau pipi. Beragam obat telah dipilih, terkadang belum memberi hasil yang maksimal. Berikut terdapat beberapa cara menghilangkan flek hitam di pipi dengan bahan alami, yaitu:

1. Bengkoang

Flek Hitam Bisa Hilang dengan Bengkoang
sumber gambar: kompas.com

Kandungan Vitamin E yang ada di bengkoang memang dikenal mampu mencerahkan kulit. Bahan rujak yang satu ini, nyatanya bisa menghilangkan flek hitam hanya dengan menggunakan ekstrak bengkoang. Caranya, kupas bengkoang lalu parut. Peras dan oleskan ekstrak bengkoang pada wajah. Tunggu sekitar 15 menit.

2. Kulit Pepaya

Manfaat Kulit Pepaya
sumber gambar: khasiat.co.id

Ternyata, pepaya memberi manfaat meskipun kulitnya, lho. Cara menghilangkan flek hitam dengan kulit pepaya pun sangat mudah. Selain dapat makan dagingnya, kulit yang sudah dikupas jangan dibuang. Bersihkan lalu tusuk-tusuk dengan lidi. Setelah itu oleskan pada flek hitam di pipi. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas. Ulangi langkah ini beberapa kali dalam seminggu.

3. Kulit Mentimun

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Kulit Mentimun
sumber gambar: okezone.com

Selain kulit pepaya, kulit mentimun juga memiliki khasiat yang sama. Caranya cukup potong kedua ujung buah mentimun, lalu taruh di flek hitam di pipi. Kendati terasa gatal dan perih, tahan selama 15 menit lalu bilas. Lakukan langkah tadi secara teratur agar flek hitam menghilang.

  • Kulit Pisang
Khasiat Kulit Pisang Untuk Flek Hitam
sumber gambar: manfaat.co.id

Kali ini, giliran kulit pisang yang bisa menghilangkan noda hitam di pipi. Setelah makan pisang, adakalanya Anda mengoleskan kulitnya di area yang terdapat flek hitam. Kemudian bilas dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung

Bintik-bintik hitam di hidung terkadang mengganggu penampilan dan sebisa mungkin akan dipoles kosmetik agar tak kelihatan. Padahal, masih terdapat cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami dan mudah didapat, yaitu:

1) Lidah Buaya

Lidah Buaya Bisa Dijadikan Alternatif Menghilangkan Flek Hitam
sumber gambar: tribunnews.com

Tanaman ini memiliki manfaat untuk kecantikan. Cukup ambil lidah buaya, buang kulit dan ambil bagian dalam lidah buaya. Lalu oleskan ke hidung secara merata. Lakukan dua kali dalam sehari.

  • Semangka
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Semangka
sumber gambar: hellosehat.com

Selain bisa dimakan, ternyata buah yang kaya akan mineral ini dapat menghilangkan noda hitam. Setelah daging semangka dihaluskan, oleskan ke wajah dan biarkan hingga 30 menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin.

2. Beras dan Bubuk Kayu Manis

Kayu Manis Juga Bisa Menghilangkan Flek di Hidung
sumber gambar: manfaat.co.id

Cara menghilangkan flek hitam dengan beras dan kayu manis bisa Anda coba. Cukup tumbuk beras dan bubuk kayu manis hingga halus. Sangrai sampai kekungingan, lalu dinginkan. Setelah dingin, oleskan di area hidung. Tentu Anda tak perlu menumbuk beras dan kayu manis yang banyak. Mengingat, area noda hitam hanya di wajah saja.

  • Daun Nangka
Manfaat Daun Nangka Untuk Flek Hitam
sumber gambar: manfaat.co.id

Ambillah beberapa daun nangka, lalu haluskan dengan diberi sedikit air. Oleskan ke hidung selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi langkah ini beberapa kali dalam seminggu.

3. Minyak Argan

Manfaat Minyak Argam
sumber gambar: hellosehat.com

Minyak yang dihasilkan dari pohon yang hanya bisa tumbuh di Maroko ini sangat baik untuk menghilangkan noda hitam. Tak perlu ragu, minyak ini sudah terjual di pasaran. Cara memakainya juga sangat mudah. cukup dioleskan ke hidung yang memiliki noda hitam.

Dari semua cara menghilangkan flek hitam secara cepat dan mudah di atas, pilihlah perawatan yang paling cocok dengan mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Walaupun dengan cara alami, tidak mengeluarkan biaya yang besar, tetapi belum tentu cocok dengan kulit. Begitu pula sebaliknya, menggunakan obat-obatan dengan biaya yang tak sedikit, juga takkan membuahkan hasil.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja
Angry Angry
0
Angry
hate hate
0
hate
Ardani HK

Sedang berkeinginan menjadi penggiat literasi

You may also like

More From: Kesehatan

DON'T MISS