Inilah 5 Tips Menghindari provokasi dan Ungkapan Penuh Kebencian


5 Tips Menghindari provokasi dan Ungkapan Penuh Kebencian – Jika kita sebagai pengguna media sosial tidak melakukan antisipasi dini dan menelan semua berita atau postingan akun-akun yang mengajarkan dengan mudahnya melakukan words bullying atau bahasa kecenya saat ini “nyinyir”, maka hidup kita bisa dipastikan akan terbuang sia-sia dan menjadi pembenci di dunia nyata pada siapapun juga serta mudah terprovokasi oleh hal-hal sepele semata. Selain itu, kita akan terkotak-kotakkan dan sering berselisih paham dengan orang-orang sekitar, terdekat bahkan keluarga hanya karena perbedaan pendapat, pilihan dan pedoman.

Akhir-akhir ini marak berita hoax yang menimbulkan provokasi satu sama lain hingga sempat menjadi kegaduhan dalam negeri. Bahkan telah digalakkan gerakan anti-hoax, karena memang hoax ini tidak sekedar menyajikan berita, informasi, ajakan atau bujukan yang menyesatkan saja, namun juga menebar fitnah yang berujung kebencian. Meskipun berita-berita tersebut benar adanya atau sesuai fakta, sangat disayangkan redaksi yang ditawarkan cenderung penuh dengan ungkapan kebencian, hasutan serta provokasi berlebihan dan tidak objektif.

ngelmu.id

Selain karena mudah dan banyaknya pengguna aplikasi media sosial, tersebarnya tulisan yang berseliweran melalui broadcast-broadcast bahkan akun-akun media sosial yang terfokus pada pemujaan pada salah satu orang atau sekelompok orang dan label buruk (bad labelling) pada pihak lain menimbulkan kecenderungan untuk terprovokasi pada hal-hal yang sepele sekalipun.

Berikut tips menghindari provokasi dari bacaan di media sosial :

1. Filterlah!

Filterlah berita atau broadcast yang masuk ke dalam grup atau personal chat kalian. Bacalah sekilas, jika berita itu mengandung unsur penuduhan, pemojokan, bahkan sarat provokasi segera lakukan kroscek terlebih dahulu kevalidan berita yang dibawa. Mulai dari sumber beritanya, penulisnya, dan membandingkan dengan berita lainnya.

2. Follow and unfoll!

Follow dan Unfoll akun-akun media sosial yang bermanfaat dan jelas tujuan akun tersebut. Dengan kata lain unfoll atau kurangi akun-akun gosip yang cenderung membully, serta akun yang fokus memojokkan seseorang atau sekelompok orang bahkan mengandung unsur SARA.

3. JANGAN BACA KOMENTAR!!

Jika kalian membaca berita atau kabar yang sedikit kontroversial, jangan sesekali membaca komentar pembaca. Karena itu akan menghabiskan banyak waktu, serta semakin timbul perasaan ‘gregetan’, panas, benci, marah jika kometar pembaca tidak sesuai dengan pendapat pribadi kalian. Saat kalian tidak bisa mengendalikan diri menghadapi komentar-komentar pedas, bersiaplah menjadi penghujat karena secara tak sadar akan ikut berkomentar penuh kebencian.

4. Hematlah!

Hematlah waktu kalian dalam menggunakan gadget dan membaca berita atau tulisan melalui dunia maya. Sebaik-baiknya referensi ialah referensi print out. Karena informasi yang disebarkan melalui print out baik berupa koran, majalah, buku berdasarkan pengamatan, penelitian dan editing panjang yang tidak asal cetak. Selain itu penggunaan gadget tidak baik bagi mata yang terus menerus terpapar radiasi pantulan layar, juga membuat kalian kecanduan.

Seseorang tidak hanya menggunakan gadgetnya pada saat senggang, tapi saat bekerja, bangun tidur, sebelum tidur dan sebagian besar waktunya dihabiskan dengan gadget. Gunakan waktu senggang kalian dengan membaca buku, menulis, mengobrol dengan teman, memasak dan berjalan-jalan. Jika sedang bekerja, sembunyikan gadget kalian ke dalam laci dan selesaikan pekerjaan sesegera mungkin.

5. Selamat menjadi pribadi yang lebih baik!

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja
Angry Angry
0
Angry
hate hate
0
hate

You may also like

More From: Edukasi

DON'T MISS